Tips Menangani Keran Patah dalam Waktu yang Singkat

Keran adalah salah satu yang identik dengan pipa, mengapa demikian? Karena pada saat pemasangan keran membutuhkan pipa. Terlebih lagi jika pipa yang digunakan memerlukan sambungan. Nah fitting  di sini pastinya sangat dibutuhkan.

Keran juga sangat berperan bagi Anda karena di saat Anda membutuhkan air Anda hanya akan memutar keran saja bukan? Namun terkadang saat Anda memutar keran yang sudah lumayan tua akan mematahkan keran tersebut.

Lantas jika keran yang Anda miliki sudah terlanjur patah, tentunya Anda akan memanggil tukang service bukan? Nah untuk kali ini Anda tak perlu lagi memanggil tukang keran untuk memperbaiki keran Anda yang rusak. Berikut adalah tips menangani keran patah dalam waktu yang singkat.

Sebelum memulai memperbaiki keran yang patah, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Kira-kira peralatan apa saja sih yang dibutuhkan untuk memperbaiki keran yang patah? Yuk simak artikel ini.

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Gergaji besi dengan ukuran yang kecil saja bila ada
  • Obeng atau Anda bisa menggunakan gunting untuk mencongkel
  • Keran air yang baru

Baca Juga : Cara Menyambung Pipa Sambungan Pipa agar Tidak Mudah Bocor

Nah setelah Anda tahu peralatan apa saja yang diperlukan, pastinya Anda juga harus paham dong bagaimana cara memperbaikinya? Agar Anda tidak bingung, yuk simak bagaimana proses memperbaikinya.

  1. Step yang pertama adalah potonglah sisa patahan keran menjadi 2 bagian menggunakan gergaji. Secara longitudinal, yaitu pada titik arah jam 10 dan 12. Saat busur telah mengarah pada 30º maka potonglah.
  2. Jika masih merekat pada drat, congkellah menggunakan obeng atau gunting dengan sedikit bantuan pukulan dari palu. Saat sisa potongan sudah berhasil dicongkel derailah pinggir-pinggir bekas gergajian. Namun harus diperhatikan jangan terlalu dalam saat melakukan pengrajian, hal ini bertujuan agar drat tidak rusak.
  3. Langkah terakhir adalah mengeluarkan sisa patahan kemudian membersihkannya dengan bantuan sikat gigi dan menyemprotkan cairan contact cleaner, dan pasanglah dengan keran yang baru.

Nah sekarang Anda sudah bisa memperbaiki keran tanpa menggunakan fitting  dan tanpa mengundang tukang service. Saran terakhir, gunakanlah pipa Rucika yang memiliki kualitas yang bagus serta tidak mudah bocor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *