Segera Cek Tagihan PDAM dan Bayarlah agar Tak Kena Konsekuensi Ini

Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, yaitu untuk minum, memasak, mencuci, dan sebagainya. Layanan PDAM juga harus diupayakan kelancarannya. Untuk itu, cek tagihan PDAM secara rutin agar mengetahui nominal tagihannya dan tanggal jatuh temponya. Setelah itu, siapkan dana untuk membayar tagihan.

Segeralah untuk membayar sebelum jatuh tempo atau paling lambat membayar ketika jatuh tempo. Hal ini harus dilakukan demi ketersediaan layanan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air. Dengan pembayaran yang tertib, maka kebutuhan Anda akan air bisa terpenuhi dan juga terhindar dari berbagai konsekuensi jika telat membayar berikut ini.

  • Sanksi Administrasi Berupa Denda

Konsekuensi merupakan hal yang pasti ada dalam setiap hal. Suatu tindakan pasti ada risiko yang harus ditanggung. Dalam hal ini, keterlambatan pembayaran atas tagihan PDAM juga mempunyai konsekuensi. Apabila pembayaran tagihan belum dilakukan hingga batas waktu pembayaran, maka pemilik rekening akan dikenakan sanksi berupa denda.

Sebagai informasi, jangka waktu pembayaran tagihan PDAM adalah mulai tanggai 1-20 setiap bulannya. Jika Anda tidak membayar tagihan secara lunas sampai lewat tanggal jatuh tempo atau setelah tanggal 20, maka Anda akan dikenakan denda yang besarnya sesuai dengan ketentuan di setiap wilayah. Anda bisa mengetahui persentasenya di situs resminya.

Jika sudah terlanjur kena denda, maka Anda bisa menanganinya dengan melunasi tagihan sesuai nominal tagihan beserta dengan denda yang dibebankan kepada Anda berdasarkan lama waktu tunggakan. Pembayaran ini juga bisa dilakukan secara online agar mudah dan cepat.

  • Sanksi Penyegelan Instalasi Meteran

Konsekuensi yang ditetapkan karena keterlambatan pembayaran terhadap tagihan PDAM tidak selalu berakhir dengan denda. Apabila dalam periode selanjutnya atau bulan berikutnya yang bersangkutan belum juga melunasi tagihan beserta dengan dendanya, maka dikenakan sanksi penyegelan instalasi meteran.

Penyegelan ini dilakukan sebagai bentuk konsekuensi agar pelanggan menjadi tertib dalam melakukan pembayaran tagihan PDAM. Sistem ini bisa menertibkan pelanggan yang menunda-nunda pembayaran.

  • Sanksi Pemutusan Instalasi Meteran Tanpa Pemberitahuan

Cara cek tagihan PDAM yang sudah praktis pada masa sekarang diharapkan mampu menertibkan pelanggan agar mau memeriksa besarnya tagihan dan mengetahui tanggal jatuh temponya. Dengan demikian, mereka tidak akan lupa dan sadar akan kewajibannya.

Jika terlambat sampai ada penyegelan instalasi meteran, maka selanjutnya bila masih belum dibayar maka diberlakukan pemutusan instalasi meteran tanpa pemberitahuan. Pemutusan ini berarti bahwa pelanggan sama sekali tidak punya saluran PDAM lagi. Untuk memperbaiki dan menguhubungkannya kembali, Anda harus melunasi tagihan beserta dendanya.

  • Sanksi Diputus dari Pelanggan Layanan PDAM

Tentu saja sanksi yang terakhir ini adalah sanksi yang paling berat karena disebabkan keterlambatan yang sudah menumpuk. Keterlambatan pembayaran tagihan PDAM yang dilakukan pelanggan sampai menumpuk hingga sudah mengalami pemutusan instalasi meteran, maka konsekuensi selanjutnya adalah pemutusan sebagai pelanggan PDAM.

Jadi, pihak PDAM akan memutuskan secara pihak dengan pelanggan karena ketentuan-ketentuannya tidak diindahkan lagi oleh pelanggan. Jika sanksi sebelumnya tidak dihiraukan, maka pemutusan hubungan sebagai pelanggan PDAM memang layak diberikan. Untuk menjadi pelanggan kembali, ada ketentuan yang harus dipatuhi.

Sebenarnya, sanksi keterlambatan pembayaran tagihan PDAM yang berlaku di setiap wilayah berbeda ketentuannya, namun sama jenisnya. sebagai contoh, jumlah denda yang harus dibayarkan dan periode keterlambatan yang dimaksud mempunyai perbedaan di setiap wilayah. Untuk itu, cek tagihan PDAM beserta ketentuannya di wilayah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *